Unknown Unknown Author
Title: Resep Penganan Tradisional, Kue Bangkit Susu yang Nikmat
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
INFODAPUR-Salah satu pilihan penganan ringan yang enak dan lembut adalah bangkit susu, kali ini kami mencoba memberikan resep istimew...
Penganan Tradisional, Kue Bangkit Susu

INFODAPUR-Salah satu pilihan penganan ringan yang enak dan lembut adalah bangkit susu, kali ini kami mencoba memberikan resep istimewa bagaimana membuatnya. So bunda silahkan coba di dapur anda.

Kue bangkit, atau kue bangket, merupakan kue tradisional khas Melayu. Bisa dengan mudah ditemukan di Semenanjung Malaysia dan Sumatera, terutama Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Sumatera Barat. 

Dinamakan kue bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven bisa berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semula.

Warna kue bangkit ini putih kekuningan dan kadang dipercantik dengan diberi noktah berwarna merah di atasnya. Tekstur kue bangkit sangat halus dan gampang remuk. Kue bangkit akan lumer di dalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah. Rasanya yang manis menjadi daya tarik bagi anak-anak. 

Kue bangkit menjadi salah satu kue khas yang disajikan pada momen Hari Raya Idul Fitri. Bahkan orang Tionghoa di daerah-daerah tersebut juga menjadikan kue bangkit ini sebagai salah salah kue khas yang disajikan pada saat perayaan Tahun Baru Imlek, sehingga di sini terjadi semacam silang budaya yang erat dan harmonis antara etnis Melayu dan Tionghoa. 

Berikut resep bercita rasa nikmat nan mudah membuatnya ini:

Bahan

  • 250 gram tepung  kanji/aci/tapioka
  • 3 sdm  skm
  • 2 sdm  gula  tepung /ising sugar
  • 120 gram  margarin / butter
  • Daun  pandan  3 helai  iris

Cara membuat
  1. Sangrai  tepung  bersama  daun  pandan  yang  di  iris  sampai  ringan  diinginkan ayak
  2. Ambil  wadah  satukan  kanji  skm dan  gula aduk  rata  lalu  masukkan  margarin  aduk  rata.
  3. Cetak  dan Panaskan di oven  170 derajat  30 menit  tergantung  oven  masing masing.



Selamat mencoba.

By Bunda Yuyun. (kbr)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top