Unknown Unknown Author
Title: 5 Bubur Ayam Legendaris Kota Bandung yang Layak Anda Coba
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Bubur adalah sejenis makanan yang terbuat dari bahan atau bijian padat namun dimasak dalam keadaan lunak. Banyak sekali macam bubur...



Bubur adalah sejenis makanan yang terbuat dari bahan atau bijian padat namun dimasak dalam keadaan lunak. Banyak sekali macam bubur yang terdapat di dunia ini. Di negara kita saja beragam jenisnya, bahkan setiap provinsi rasanya memiliki makanan khas ini.

Kali ini kita akan coba membahas tentang bubur ayam yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai versi bubur ayam di setiap daerah. Seperti bubur ayam dengan kuah kuning, bubur ayam betawi, bubur ayam bandung dan lain-lain.

Bubur yang tampaknya sederhana ini ternyata memiliki sejarah cukup panjang. Konon dimulai sejak era Kaisar Shih Huang Ti di tahun 238 sebelum Masehi. Ketika itu China masih merupakan beberapa bagian kerajaan kecil yang kebetulan sedang paceklik karena dilanda musim kemarau yang panjang.

Sang Kaisar berpikir keras bagaimana menyediakan rakyatnya makanan yang cukup. Hingga suatu saat Kaisar melihat nasi yang disantapnya melunak karena tersiram kuah sayur yang panas. Semenjak itu Kaisar Shih bereksperimen dan berhasil menghidangkan bubur untuk rakyatnya.

Cadangan beras yang tidak memadai pun akhirnya mencukupi untuk kebutuhan pangan seluruh rakyat yang mulai mengenal bubur, dan makanan ini menjadi simbol persatuan dan keharmonisan rakyat Tiongkok.

Bubur dari beras ini terus bertahan dan berkembang dari zaman ke zaman sampai kini. Tidak hanya untuk sarapan, bubur kini bisa disantap kapan saja, karena banyak orang yang menjualnya siang dan malam.

Kota Bandung yang terkenal dengan wisata kulinernya pun sudah lama sekali mengenal bubur ayam. Penulis sendiri sampai sekarang dan dari masa kanak-kanak suka makan bubur apalagi ketika menyantapnya beramai-ramai bersama teman di saat istirahat keluar main sewaktu sekolah.

Nah, berikut adalah beberapa bubur ayam legendari Kota Bandung yang layak anda coba jika anda kebetulan sedang berada di kota ini. Mereka rata-rata sudah memulai usahanya sejak beberapa dekade lalu dan masih bertahan dan berkembang sampai sekarang. Tulisan disadur dari cumibunting.com.

Bubur Ayam Pak Zaenal
Bubur ayam Pak Zaenal merupakan bubur ayam legendaris yang dimiliki oleh Kota Bandung. Usahanya didirikan sejak tahun 80an dan memiliki citarasa yang khas. Rasa gurih yang berasal dari santan dan teksturnya yang kental menambah kelezatan makanan yang satu ini.

Tekstur bubur yang kental membuat bubur tidak tumpah meski mangkoknya dibalikkan. Tak jarang karyawan Pak Zaenal membalik mangkok yang berisi bubur untuk sekedar menunjukkan betapa kentalnya bubur ini.

Terdapat 2 pilihan porsi dan masing-masing porsi memiliki menu toping yang dapat kita pilih, yaitu ayam, ayam telor, ayam ati ampela, ayam special. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp12.000-Rp17.000 untuk porsi kecil dan Rp15.000-Rp20.000,untuk porsi besar.

Letaknya pun tak jauh dari pusat Kota Bandung, tepatnya di Jl. IR. H. Djuanda no.244 (Dago) Bandung. Lokasinya tak jauh dari MCD Dago, tepatnya seberang gedung PUSAIR dengan spanduk bertuliskan “Bubur Ayam Pak Zaenal”.

Bubur Ayam Mang Oyo
Bubur ayam Mang H. OyoTea atau yang lebih dikenal dengan nama Bubur Ayam Mang Oyo patut dimasukkan dalam jajaran bubur ayam legendaris Bandung. Bubur ayam ini awalnya terletak di Jl. Panatayuda Bandung, namun kini telah pindah ke Jl. Sulanjana no.30 Bandung dan memiliki cabang yang cukup banyak bertebaran di Kota Bandung

Bubur ayam yang telah memiliki ijin DepKes dan sertifikat halal MUI ini terkenal akan kekentalan dan kelezatannya. Bahkan tidak akan tumpah walaupun dimiringkan atau dibalik sekalipun. Hal ini dikarenakan pemilik bubur ayam ini sangat selektif dalam memilih bahan yang akan diolah menjadi bubur.

Menu yang disajikan pun beragam, yaitu atel (ayam telor), atelpin (ayam telor pindang), ayat (ayam ati), acak (ayam cakwe), tomat (tong make ati), ganja (seledri), krikil (kacang), Arpan (air panas), miker (the botol+es). Bubur ayam Mang Oyo buka setiap hari dari jam 06.00wib hingga pukul 20.00wib.

Bubur Ayam Mang Oyo juga memberikan kemudahan bagi calon penikmat buburnya, dengan membuka cabang dibeberapa penjuru Kota Bandung, antara lain Jl. Gelapnyawang (ITB), Jl. Ir. Soetami (Maranatha), Jl. Surapati no.63, Jl. Pangkur No. 3 (daerah Turangga belakang Hotel Horizon).

Bubur Ayam Haji Amid
Satu lagi bubur ayam lezat yang terkenal di Kota Bandung adalah bubur ayam H. Amid. Bubur ayam ini dulunya berada di Jl. Pajajaran Bandung, namun kini telah pindah ke Jl. Arjuna yang tak jauh dari lokasi sebelumnya. Tempatnya terbilang cukup besar dan selalu ramai dipadati pengunjung yang dating silih berganti.

Menunya pun cukup beragam, mulai dari bubur ayam biasa, bubur ayam telor, bubur ayam ati ampela, hingga bubur ayam special yang seluruhnya bisa dipilih dengan porsi 1 atau setengah. Untuk menyantapnya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup dengan Rp8000-Rp14.000  saja.

4.Bubur Ayam Pelana
Bubur ayam yang hadir sejak tahun 1970an ini berada di Jl. Pelana, Bandung yang kemudian dijadikan sebagai nama bubur ayam ini. Bubur Pelana selalu dipadati pengunjung, terlebih pada cabangnya yang terletak di Jl. Burangrang, Bandung (depan bakso malang Enggal).

Bubur ayam pelana menawarkan menu yang cukup beragam, antara lain bubur ayam biasa, ayam brutu, ayam kulit, ayam telor setengah matang, ayam telor muda, ayam telor, ayam ampela, ayam ati, ayam ati ampela, ayam special, ayam istimewa.

Seperti kebanyakan bubur ayam legendaris Bandung, bubur ayam ini juga menawarkan porsi 1 dan setengah. Bubur ini buka dari jam 05.00 – 10.00wib dan 16.30-22.00wib. Untuk segi harga terbilang cukup murah, karena dibanderoll Rp10.000-Rp17.000 .

5.Bubur Ayam Bejo
Bubur ayam Special Bejo, pertama kali didirikan oleh Pak Bejo pada tahun 1978. Salah satu bubur ayam legendaris Bandung ini terletak di Jl. Baranang Siang, Bandung. Namun bubur ayam yang selalu rame ini memiliki cabang di Jl. Ahmad Yani, Bandung (depan Pasar Kosambi).

Walaupun terlihat sederhana, bubur ayam Special Bejo terasa sangat nikmat dan menggugah selera sehingga layak untuk diburu. Porsi yang diberikan pun cukup besar, tapi jangan khawatir pengunjung dapat memesan setengah porsi saja.

Dari segi harga dapat terbilang murah, bubur biasa IDR 7000,- , jika ingin tambah telor cukup tambah IDR 2000,- , ati ampela tambah IDR 3000,-. Bubur ayam Special Bejo buka 24 jam, jadi untuk anda yang lapar di malam hari bisa langsung menuju ke tempat ini. (mfs)



About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top