Unknown Unknown Author
Title: 7 Pakaian Adat Tradisional Terindah di Dunia
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Pakaian adat merupakan pakaian yang menjadi ciri khas suatu daerah atau negara yang telah turun temurun sejak jaman dahulu dari para lelu...

Pakaian adat merupakan pakaian yang menjadi ciri khas suatu daerah atau negara yang telah turun temurun sejak jaman dahulu dari para leluhur adat tersebut. Pakaian ini menjadi salah satu ikon yang mencerminkan kebudayaan dan adat istiadat masing-masing tempat. Pada masa dahulu, pakaian adat ini selalu digunakan dalam keseharian. 

Namun kini, dengan seiring berjalannya waktu kebiasaan menggunakan pakaian adat menjadi hilang. Sekarang, kita bisa menjumpai pakaian adat itu hanya pada saat perayaan tertentu, entah upacara atau acara-acara resmi lainnya. Nah, buat anda yang belum tahu apa saja pakaian adat terindah yang ada di dunia? Yuk simak informasinya.

1. Kebaya dari Indonesia
Siapa sih yang tidak tahu dengan pakaian adat yang satu ini ? Yups dia adalah kebaya. Kebaya nerupakan pakaian adat yang berasal dari Indonesia dan sebagian negara Asia Tenggara lainnya. Kebaya merupakan atasan yang memiliki motif dan corak tersendiri yang indah. Kebaya bisa dipadukan dengan bawahan kain songket, kain batik, dan yang lainnya. Dengan menggunakan kebaya ini anda bisa terlihat anggun lho.

2. Kimono dari Jepang
Kimono yang berarti “pakaian yang kau pakai”, ini merupakan pakaian adat perempaun yang berasal dari Jepang. Pakaian ini cukup populer di seluruh dunia. Kimono adalah pakaian yang menunjukkan jati diri sebagai orang Jepang, selain itu pakaian ini juga menunjukkan kelas dari wanita Jepang tersebut. Pakaian kimono sendiri berbentuk T dan terdapat sabuk yang dinamakan obi.

3. Sari dari India
Bagi anda pecinta serial India pasti sudah tidak asing lagi dengan pakaian yang satu ini, Sari. Sari merupakan pakaian adat dari India yang sering digunakan oleh perempuan India. Sampai saat ini sari masih digunakan perempuan India, hanya saja jumlahnya mungkin tidak sebanyak dulu. Baju adat ini tidak hanya dipakai di upacara adat, ibadah atau acara resmi saja lho karena sari sudah beradaptasi dengan modernitas sekarang sehingga tidak akan membuat siapapun yang memakainya ketinggalan jaman.

4. Cheongsam dari China
Cheongsam biasanya berbentuk potongan panjang dengan leher tinggi, berlengan pendek, kancing shanghai di kiri atau kanan bawah pundak. Dan biasanya berwarna cerah seperti merah. Umumnya pakaian ini dikenakan dengan ukuran tubuh yang pas dan dikenakan oleh perempuan berkelas atas pada tahun 1920an di China.

5. Hanbok dari Korea Selatan
Hanbok adalah pakaian tradisional yang berasal dari Korea Selatan. Pakaian adat Korea tersebut umumnya berwarna cerah dan dipakai untuk sehari-hari namun sekarang pakaian ini hanya dipakai dalam acara khusus seperti festival atau saat perayaan tertentu.

6. Ao Dai dari Vietnam
 Ao Dai adalah pakaian adat khas Vietnam. Baju adat ini memang kurang populer, tapi model baju tradisional ini terlihat sangat anggun dan memancarkan kecantikan wanita vietnam. Pakaian ini biasanya dipakai perempuan Vietnam sebagai simbol kecantikan dan kebanggan kaum perempuan dan digunakan untuk upacara pernikahan, kematian atau perayaan seperti imlek.

7. Thai dari Thailand
Pakaian ini mungkin terdengar cukup asing, namanya adalah Thai. Thai adalah pakaian adat formal yang berasal dari Thailand. Pakaian ini dipakai oleh semua orang Thailand baik pria, wanita dan anak-anak segala usia. Thai dalam bahasa aslinya disebut “chut thai phra ratcha niyom” yang berarti pakaian kebesaran formal yang digunakan pada acara- acara khusus.

Ternyata tidak cuma di Indonesia aja ya yang punya baju adat ? Tetapi juga negara lain lho. Meskipun kita sudah menggunakan baju-baju modern tapi jangan lupa dengan baju adat kita ya ? Giman anda tertarik untuk mencoba baju-baju adat diatas ? (rula.co.id)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top