Unknown Unknown Author
Title: Benarkah Nyeri Punggung Bagian Bawah Dapat Disembuhkan dengan Berolahraga?
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
INFOSEHAT-Nyeri punggung bagian bawah memang menimbulkan rasa tak nyaman. Tidak enak untuk dibawa bergerak. Seluruh persendian di wilayah...
Credit Photo: Cureforbackpains.com

INFOSEHAT-Nyeri punggung bagian bawah memang menimbulkan rasa tak nyaman. Tidak enak untuk dibawa bergerak. Seluruh persendian di wilayah itu terasa kaku. Dengan begitu kita biasanya jadi malas bergerak. Padahal cara terbaik untuk membebaskan diri dari nyeri bawah punggung itu justru dengan bergerak.

Penyakit orang modern
Mengapa orang-orang jaman dulu jarang mengeluhkan sakit pinggang? Justru di jaman serba canggih seperti sekarang banyak sekali yang mengeluhkan rasa nyeri di punggung bagian bawah tubuhnya.

Menurut dr Mahdian Nur Nasution, seorang ahli bedah saraf, keluhan nyeri punggung adalah penyakit orang modern yang kurang bergerak. "Beberapa dekade ke belakang jarang ada yang sakit pinggang karena dulu orang lebih banyak melakukan pekerjaan fisik."

Mahdian menambahkan, gaya hidup modern yang jarang bergerak dan kurang olahraga membuat orang-orang di zaman sekarang memiliki otot yang lebih lemah. "Kalau otot-ototnya lemah efeknya jadi rentan sakit pinggang," ujarnya.

Kurangnya aktivitas fisik akan menyebabkan otot-otot punggung dan perut yang berfungsi mendukung tulang belakang menjadi lemah dan bentuknya tidak karuan. Hal ini menyebabkan aktivitas yang seharusnya dilakukan dengan mudah, sekedar mengangkat barang atau menggendong anak, bisa membuat punggung terasa nyeri.

Penderita nyeri punggung jangan malas bergerak
Studi yang diterbitkan jurnal JAMA Internal Medicine yang meneliti metode apa yang pernah digunakan untuk menyembuhkan nyeri pinggang, menyebutkan bahwa ternyata nyeri punggung bawah ini dialami oleh hampir 80 persen manusia, paling tidak sekali dalam hidupnya.

Berdasarkan bukti yang ada didapat kesimpulan bahwa olahraga yang dipadukan dengan pembelajaran, semacam informasi mengenai apa dan bagaimana nyeri punggung bawah itu, tentang bagaimana postur yang baik dan berolahraga, cenderung menurunkan resiko gangguan rasa nyeri di punggung bagian bawah ini.

Para peneliti juga menemukan bahwa olahraga cukup efektif 'melenyapkan' nyeri punggung, meski belum jelas apakah efek olah raga ini akan bertahan lama, untuk setahun, misalnya.

"Untuk benar-benar melenyapkan nyeri punggung di bagian bawah, perlu dilakukan olah raga secara teratur. Penelitian ini menyangkut isu penting apakah benar olah raga akan tetap melindungi kita dari nyeri punggung?," kata seorang peneliti.

Hal menarik dari hasil penelitian ini adalah ditemukannya manfaat berbeda dari berbagai jenis olah raga, termasuk penguatan punggung dan perut, peregangan, dan sejumlah olahraga lain. Sebelumnya ada riset yang meneliti yoga. Olah tubuh dan jiwa dari India ini secara spesifik ditemukan dapat memperbaiki atau mengurangi nyeri punggung pada pria dan wanita.

Para ahli mengatakan yoga bermanfaat bagi kebugaran tubuh, karena merupakan kombinasi antara penguatan otot dan peregangan. Sejauh ini studi tidak menemukan bukti kuat lain untuk teknik-teknik di luar itu yang dikatakan bisa mengurangi nyeri punggung.

Tingkat keterulangan rasa sakit pada punggung bagian bawah lazim terjadi sekitar 24 sampai 80 persen dari kekambuhan di tahun pertama, seperti yang dikatakan Dr Timothy S. Carey dan Janet K. Freburger dari University of North Carolina di Chapel Hills dalam editorial laporan para peneliti ini.

Para dokter dinilai penting untuk merekomendasikan olah raga kepada para penderitanya. Mereka yang mengalami nyeri tersebut diharapkan  termovitasi dan tetap rutin berolahraga.

Karena itu aktiflah berolahraga, penelitian menunjukkan, tingkat kebugaran tubuh berpengaruh pada kesehatan punggung anda. Memiliki otot yang kuat dan terlatih bukan hanya membuat tubuh terlihat lebih tegap dan bugar tapi juga bisa mencegah datangnya nyeri punggung di bagian bawah ini. (inf)

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top