Unknown Unknown Author
Title: Rubi, Permata Merah Gemerlap nan Mempesona
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Warna apa yang paling mengingatkan anda pada cinta, gairah hidup, dan kekuasaan? Mungkin secara spontan anda dan banyak orang akan mengata...

Warna apa yang paling mengingatkan anda pada cinta, gairah hidup, dan kekuasaan? Mungkin secara spontan anda dan banyak orang akan mengatakan ‘merah’! Tidak salah, merah adalah simbol cinta, yang memancarkan kehangatan, vitalitas, dan gairah hidup.


Dan merah adalah warna Rubi, rajanya batu permata. Dalam gemerlapnya dunia permata, Rubi adalah penguasa sejati yang tak perlu diperdebatkan lagi. Dari segi harga, Rubi dengan kualitas terbaik sekarang harganya mencapai puluhan bahkan ratusan juta per-caratnya di mana harga ini terus meningkat saja dari waktu ke waktu.

Sepanjang kurun -sejak ribuan tahun lalu- permata merah merona ini dinobatkan sebagai salah satu batu mulia paling berharga di seantero jagad. Memang, Rubi memiliki segala persyaratan yang lebih dari cukup untuk menyandang julukan itu. Warnanya yang fantastik, kekerasan yang handal (9 pada skala Mohs), kecemerlangan yang luar biasa, dan sebagai pelengkap, eksistensinya boleh dibilang teramat langka, terutama untuk Rubi berkualitas tinggi.

Rubi adalah batu yang sangat langka, nampak dalam foto mineral Rubi dalam matriksnya dan Rubi yang telah di asah dalam bentuk oval dan cushion.
Beserta keunggulan karakter fisik dan kimia yang mereka miliki serta kelangkaannya maka bersama Berlian, Safir, dan Zamrud, Rubi digolongkan ke dalam precious stones atau batu mulia di jajaran batu permata.

Warna merah pada Rubi lebih terang dari permata lain kecuali Spinel. Julukan lain baginya adalah permata bangsawan alias the nobel’s stone. Karena Rubi adalah batu mulia kedua terbanyak yang dikoleksi kaum bangsawan setelah intan/berlian.
Kelompok batu mulia, Berlian (putih), Rubi (merah), Safir (biru) an Zamrud (hijau) dalam bentuk asahan facet (berjenjang), round dan radiant atau emerald cut.


Rubi terdapat dalam berbagai nuansa merah, merah tua gelap, merah kecoklatan, sampai pink kemerahan. Rubi dengan warna merah sedikit keunguan dikenal sebagai piegon’s blood, termasuk Rubi yang mahal harganya.
Rubi Pigeon's Blood dalam gosokan oval dan cushion, origin: Mozambique.
Takdir Rubi nampaknya hanyalah keindahan, dia terlahir untuk menjadi cantik dan warna adalah segalanya. Keindahan utamanya memang terletak pada warna merah dan gemerlapnya yang setara berlian. Karenanya hal itu kadang membuat Rubi lebih mahal dari sebutir berlian berkualitas baik dengan ukuran yang sama. .

Sementara kejernihan (transparansi) adalah hal penting berikutnya. Mengapa? Karena seperti Safir, meskipun Rubi banyak yang opaque (tidak jernih atau tidak tembus cahaya), namun keindahannya tetaplah sangat membius mata yang memandangnya!

Walaupun batu mulia ini banyak diasah dalam bentuk berjenjang (facet), namun lebih banyak lagi Rubi dibentukcabochon (bentuk kubah di sisi atasnya). Bentuk asahan cabochon lebih digemari utamanya jika permata ini mengandung mineral rutil.
Rubi star dalam asahan cabochon dengan berbagai gradasi warna merah dan tingkat transparansi, menampilkan display asterism dengan jari bintang yang tajam.
Rubi dengan mineral rutil jika diasah cabochon akan menimbulkan efek katoyan (mata kucing) atau bahkan asterik (bintang) yang bercahaya sutra atau perak berkilauan. Bintang pada Rubi biasanya berjari enam atau terkadang berjari dua belas. Safir pun demikian, bahkan konon ada Safir langka dengan bintang bersayap lima.

Asal nama permata Rubi
Permata indah ini mendapatkan namanya dari bahasa latin ‘ruben’ yang berarti merah. Berasal dari mineral korundum (dari bahasa Tamil Sinhala, ‘korundam’ yang artinya juga merah). Masih satu keluarga dengan Safir yang mineral induknya juga korundum.

Rubi di Indonesia dikenal sebagai Mirah atau Biduri Mirah Delima. Namun ada sebagian yang membedakan kedua istilah itu. Biduri Mirah adalah sebutan bagi Rubi merah tua sangat terang, sedangkan Biduri Mirah Delima ialah Rubi merah muda atau merah jambu bernuansa silky (kilap sutra nan sangat halus).

Harga Rubi di pasaran
Harga rubi di pasaran sangat bervariasi, rubi-rubi yang kecil bisa saja diperoleh dengan harga ratusan ribu rupiah atau kurang. Specimen dengan ukuran lebih besar dengan warna dan kejernihan di atas rata-rata dapat dengan mudah melejit ke kisaran puluhan juta atau bahkan ratusan juta/carat-nya untuk Rubi yang benar-benar berkualitas tinggi.

Perawatan
Rubi adalah batu yang keras dan dapat dipakai harian. Dipakai setiap hari bertahun-tahun permukaannya tidak akan gores, saking kerasnya. Namun ketukan yang telak harus dihindarkan karena batu ini bisa retak atau bahkan pecah.

Membersihkannya cukup dengan air sabun dan sikat lunak atau bisa juga dalam mesin penggetar. Sebaiknya rubi disimpan tersendiri atau tidak dicampur dengan batu yang lain, karena batu ini dapat menggores batu apa saja kecuali intan.

Baca juga:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top