Unknown Unknown Author
Title: Di Negara Inilah Rubi si Permata Cantik Menggoda itu Dilahirkan
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Setelah berkenalan dengan Rubi, permata merah menawan yang sangat mempesona itu, sekarang mari kita berkelana ke negeri-negeri eksotik pe...

Setelah berkenalan dengan Rubi, permata merah menawan yang sangat mempesona itu, sekarang mari kita berkelana ke negeri-negeri eksotik penghasil batu mulia yang sejak berabad-abad jadi favoritnya para raja, ratu dan kaum bangsawan. Bagi yang belum sempat mengenalnya silahkan menjumpainya di sini.

Myanmar
Rubi dengan kualitas terbaik dihasilkan dari tambang di kota kecil bernama Mogok, Myanmar. Penambangannya sudah dimulai sejak zaman batu. Tak heran jika Mogok dianggap sebagai pusatnya Rubi di seluruh dunia. Rubi dari tambang termasyhur ini umumnya berwarna merah nan jernih dan bersih.

Dari Mogok banyak dihasilkan Rubi dengan tone warna merah yang nyaris sempurna, dikenal dengan istilah pigeon blood (merah dengan sedikit bayangan keunguan) dengan intensitas/kedalaman dan tone warna yang mantap. Selain itu Rubi Mogok terkenal dengan tingkat kecerlangannya yang mengagumkan.

Tambang Rubi di Mogok sudah dikenal sejarah sejak lebih dari 1.000 tahun lalu dan di sinilah tempat ditemukannya rubi-rubi dengan kualitas terbaik. Dengan kekuatannya memantulkan sinar, Rubi dari Mogok akan tetap terlihat dalam berbagai kondisi cahaya. Kecerlangannya hanya dikalahkan oleh Berlian. Mogok juga menghasilkan Rubi Star dengan kualitas terbaik di dunia.

Kemudian sejak tahun 90an sampai sekarang Mong Hsu (kota kecil lain di timur laut Myanmar) menjadi pemasok penting sejumlah besar Rubi yang banyak diperjual-belikan di Thailand. Namun kualitas Rubi dari Mong Hsu (dibaca: Maing Shu) belum setara dengan Rubi Mogok.

Meski tetap indah dan cemerlang, deposit (mineral mentah)-nya cenderung menampilkan dua warna, yaitu dengan inti ungu gelap. Untuk menimbulkan warna merah seperti seharusnya sebuah Rubi, dikenakan perlakuan khusus. Yaitu dengan memanaskannya (heat-treated) dalam suhu tertentu selama waktu yang tertentu pula.

Teknik pemanasan kadang dilakukan sampai tingkat hampir mendekati titik lelehnya. Hal ini dimaksudkan agar berbagai zat inklusi atau pengotor ‘teraduk’ secara lebih merata ke seluruh bagian mineral induk. Sehingga dihasilkan Rubi dengan kerjenihan dan intensitas warna yang lebih merata.

Perlakuan non alami ini masih bisa diterima di pasar batu permata, di mana Rubi hasil treatment kategori H (heated) masih tetap dihargai cukup mahal. Namun ada juga yang merasa Rubi Mong Hsu tetap harus dibedakan dari Rubi Mogok.

Perlu anda tahu hampir semua rubi di pasaran adalah permata hasil treatment. Non treated Ruby gemstones tentu saja tersedia namun anda harus membayar dengan harga yang jauh lebih tinggi untuk mendapatkannya.

Ada satu lagi tambang baru di Myanmar, tepatnya di Nanyazeik, provinsi Kachin. Namun melihat deposit yang dihasilkan, nampaknya terlalu cepat untuk mengatakan daerah ini sebagai salah satu sumber penting permata Rubi.

Indochina
Deposit Rubi juga terdapat di negara Vietnam di dekat perbatasannya dengan China. Tambangnya terletak di sebelah utara Hanoi yang dibuka pada tahun 1983 dan Luc Yen di tahun 1987. Rubi Vietnam umumnya berwarna merah dengan bayangan keunguan.

Antara bulan November 1989 dan Maret 1990, lebih dari 3 juta carat Rubi dan Pink Safir berhasil ditambang dari salah satu daerah itu. Dikatakan bahwa kualitasnya sebanding dengan Rubi Myanmar. Akan tetapi tingkat kejernihannya masih di bawah saudaranya dari Mogok.

Rubi Vietnam terbaik kualitasnya memang hampir mendekati Rubi Mogok dengan merah yang mantap, namun sejak awal 1990an Rubi yang dihasilkan kebanyakan berwarna merah pink. Sekarang Rubi dengan asahan facet jarang lagi diproduksi di negara itu.

Rubi dari Thailand dan Kamboja, pemasok utama Rubi lainnya, biasanya berwarna merah tua sampai kecoklatan. Hal menarik dari Rubi Thailand dan Kamboja adalah tingkat kejernihannya. Namun kandungan besinya tinggi, sehingga sedikit mengurangi tingkat kecemerlangannya, sebagian orang menyebutnya seperti garnet (akik delima) yang bening seperti kaca.

Srilangka
Sejak dahulu kala Srilangka terkenal sebagai salah satu penghasil permata dengan gemerlap yang mengagumkan. Di sini banyak ditemukan berbagai permata yang sangat indah. Di antaranya Safir dan tentunya juga Rubi. Beberapa Rubi terbaik kelas dunia di temukan di negara yang mayoritas penduduknya menganut ajaran Buddha ini.

Meski kebanyakan Rubi Srilangka tone warnanya cenderung pink, namun Rubi berkualitas tinggi negeri ini hampir tidak bisa dibedakan dengan saudaranya dari Mogok. Tingkat kecemerlangan Rubi Srilangka termasuk kuat dan Rubi dengan asterisme juga banyak ditemui di sini.

Deposit Rubi juga ditemukan di Pakistan sebelah utara di Lembah Hunza, Kashmir, Tadjikistan, Laos, Nepal, India, dan Afganistan. India juga memproduksi Rubi yang ditambang di daerah Mysore dan Orrisa, deposit yang ditemukan kristalnya besar-besar dengan banyak mineral pengotor di dalamnya. Tetapi tetap saja tampak sangat indah jika dijadikan menjadi manik-manik atau diasah dalam bentuk cabochon.

Madagaskar
Madagaskar sejak lama dikenal sebagai ‘surganya mineral’. Negeri ini tanahnya kaya dengan berbagai macam mineral berkualitas permata. Namun permata hasil utama negara pulau di Samudra Hindia ini adalah blue dan pink Safir.

Tambang-tambang Rubi di negara ini terletak ribuan kilo meter dari kota pelabuhan Vatomandry dan Andilamena. Kualitas Rubi dari Vatomandry umumnya lebih baik dari Andilamena. Di mana yang pertama mendekati kualitas Rubi Myanmar dan kedua warnanya lebih gelap.

Deposit dengan kandungan rutil yang berpotensi menghasilkan Rubi berbintang juga ditemukan di sini. Kebanyakan material mentah dari kedua tambang ini telah diberikan perlakuan khusus dengan teknik pemanasan (heat-treated).

Rubi juga ditemukan di benua Afrika. Mozambique salah satunya, Rubi Kenya dan Tanzania jika depositnya cukup bersih (tidak banyak tercampur mineral lain) memiliki warna indah yang kuat, yang bervariasi mulai dari merah muda sampai merah tua, Namun di kawasan ini pun Rubi dengan warna, kejernihan, kemurnian, dan ukuran terbaik pun sangat langka ditemukan sehingga jarang dibentuk facet (berjenjang).

Bagaimana dengan Indonesia, adakah tambang Rubi di Indonesia? Sayang sekali, sampai sekarang belum pernah ditemukan deposit Rubi di tanah air, namun jangan khawatir, negara kita sangat kaya dengan berbagai jenis mineral, termasuk mineral berkualitas permata yang uik dan langka. Tunggu saja tulisan-tulisan kabarin berikutnya. (inf)

Baca juga:

Safir, Permata Kahyangan yang Lahir dari Dalam Bumi

4 Negara Penghasil Blue Safir Terkenal di Dunia

Berbagai Warna dan Bentuk Asahan pada Batu Safir

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top